Free Thinker

Apa itu free thinker? Secara bahasa, free thinker berarti pemikir bebas. Beberapa website mendefinisikannya sebagai orang yang tidak mau menerima ajaran agama. Ada juga yang bilang ateis. Lalu bagaimana dengan saya?

think-free

Saya adalah pemikir bebas. Tapi saya tetap mempercayai (beberapa) ajaran agama saya, yang dengan demikian saya bukanlah seorang ateis. Saya menyukai ajaran agama saya, dan saya juga percaya kepada ‘Tuhan’. Hanya saja, dalam sudut pandang yang berbeda. Masalah sudut pandang ini mungkin akan saya jelaskan lain kali.

Perbedaan sudut pandang ini sudah pernah saya ceritakan kepada beberapa teman saya, yang (secara terselubung) menasihati saya agar berhati-hati, jangan sampai saya jadi murtad, sesat, ateis, atau apapun istilahnya.

Saya adalah pemikir bebas. Saya ingin berpikir dengan bebas, tanpa ada yang membatasi dengan ini-itu, boleh-tidak boleh, benar-salah, atau dosa-tidak dosa. Kalu cuma berpikir apa salahnya sih? Toh semuanya cuma terjadi di dalam kepala saya. Dan kalaupun itu saya tuangkan ke dalam tulisan, itu terserah Anda menilainya.

Saya adalah pemikir bebas. Memang tidak ada kebebasan yang sebebas-bebasnya. Dunia ini berjalan dengan aturan. Saya pun akan hidup dengan aturan. Tapi saya tidak ingin menuruti aturan-aturan yang dibuat oleh beberapa orang, demi kepentingan-kepentingan yang merugikan.

Saya adalah pemikir bebas. Meski begitu, saya tidak akan berkata “terserah saya dong”. Tidak. Saya memahami bahwa apa yang kita ucapkan dan lakukan akan mempengaruhi orang lain. Saya juga memahami bahwa setiap orang punya sudut pandang sendiri. Hal paling positif yang saya sampaikan bisa saja di-salahartikan.

Walau saya ngaku-ngaku sebagai pemikir bebas, saya tetap menghargai segala hal. Bagi saya, itulah kebebasan.🙂

Update: Saat ini saya adalah seorang ateis (tidak percaya eksistensi tuhan), tapi saya tetap beragama.

One thought on “Free Thinker

  1. hi! Saya baru saja baca artikel ini. dan sepertinya ini menarik. Karna mungkin saya bisa dikategorikan jg sebagai free-thinker sperti anda. atau mungkin saya juga bisa dibilang agnostic (mungkin).
    Jadi sepertinya akan menarik bila kita bisa sharing sedikit tentang hal2 yg mungkin tdk banyak orang bisa mengerti.
    Jika tdk keberatan, bisa inbox di email saya. Maaf untuk comment yg random. Thanks.

Leave a Reply

