A History Of God

Sampai sekitar satu setengah tahun yang lalu, saya tidak pernah mengira bahwa pelajaran sejarah akan terasa begitu penting. Seperti kata pepatah, JASMERAH, Jangan Sekali-Sekali Melupakan Sejarah. Kenapa? Karna dalam catatan sejarah lah tersimpan rahasia-rahasia dan jawaban-jawaban dari hal-hal, juga pertanyaan-pertanyaan yang selama ini kita cari.

Perlu diketahui, sejarah yang saya maksud adalah sejarah yang memang benar-benar dapat diuji kebenarannya. Bukan sekedar kisah atau cerita sejarah. Contoh ‘cerita sejarah’: kisah tentang Adam dan Hawa. Apa benar ribuan tahun yang lalu manusia tak bertali pusar tersebut pernah hidup? Kenyataannya adalah tak ada satu pun hal yang dapat membuktikan bahwa kisah tentang Adam dan Hawa makan buah dan jatuh ke dalam dosa adalah sebuah kisah nyata yang dulu benar-benar pernah terjadi. Kita sebagai umat beragama cukup percaya dan beriman saja.

god's-history

Dan jika Adam atau anak-anaknya tidak pernah menulis atau meninggalkan catatan tentang dirinya sendiri, lalu siapa yang menulis kisah tentang dirinya? Kenapa? Untuk tujuan apa? Atau kita cukup menerima kisah tersebut saja dengan iman? Pasrah dengan dosa turunan yang diakibatkan karna Adam makan buah yang dilarang?

Nah, ada satu buku (ebook) menarik yang direkomendasikan dari beberapa orang, yang membahas tentang sejarah ‘Tuhan’ dan agama, terutama agama-agama besar seperti Yahudi, Kristen dan Islam. Buku ini adalah buku yang wajib dibaca oleh kalian yang ingin mengetahui sejarah agama dan sejarah ‘Tuhan’. Saran saya, jangan sebentar-sebentar men-cap “ini sesat”, “itu sesat”. Bacalah dulu, berpikir, dan kemudian simpulkan sendiri.

Well, buku ini sebenarnya tergolong lama. Bahkan terjemahan Indonesianya sudah ada. Ya, saya memang agak telat. Tapi itu karna saya sampai di ‘jalur Free Thinker’ ini lewat jalur sains, terutama fisika. Saya malah baru mulai baca-baca buku filsafat dan buku-buku seperti buku ini.

Silakan download bukunya di sini: A History Of God

Ujilah segala sesuatu, dan peganglah yang baik.

Carilah kebenaran, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s