Semua Berawal Dari Sini…

Dulu saya lumayan hapal dengan 10 Perintah Allah: ‘harus ini harus itu, jangan ini jangan itu’. Saya juga hapal hukum utama dan terutama (hukum kasih): “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.”

semua-berawal-dari-sini

Lalu mana yang harus dipegang? Ajaran Kristen pasti menyatakan bahwa keduanya harus dipegang. Karna itu adalah Firman Tuhan, maka keduanya benar. Hanya saja entah kenapa saya lebih menyukai hukum kasih yang diucapkan oleh Yesus tersebut. Mungkin karna lebih sederhana, tapi ada teman yang mengatakan karna hukum kasih adalah penggenapan hukum taurat.

Nah, berangkat dari hal tersebut, saya agak penasaran dengan kata “akal budi”. Apa itu akal budi? Saya mencoba mencari pengertiannya di internet dan kamus, artinya kurang lebih adalah pikiran yang sehat. Akal sendiri berbicara dengan pikiran. Jadi hukum kasih berbicara soal mengasihi Allah bukan cuma dengan perasaan dan kekuatan, tapi juga dengan pikiran.

Koreksi saya jika saya salah. Tapi akal dan pikiran manusia jelas sangat berkaitan dengan logika. Yang menurut pemahaman saya pun bahwa saya juga harus mengasihi Allah dengan logika. Sesuatu yang pasti akan dibantah oleh banyak orang Kristen. Padahal saya percaya ‘Tuhan’ memberikan kita logika agar kita dapat mengenal-Nya lebih dekat lagi.

Pengkotbah mengatakan bahwa “…manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.” Ya, saya setuju, tapi Yesus mengatakan, “carilah kerajaan Allah dan kebenarannya…” yang saya artikan bahwa kita harus terus mencari Kerajaan Allah dan KEBENARANNYA.

Jadi inilah yang saya lakukan. Saya mencari Kerajaan Allah dan semua KEBENARANNYA. Saya mengasihi Allah bukan cuma dengan perasaan, iman, dan perbuatan, tapi juga dengan pikiran dan logika. Saya akan terus mencari dan yakin akan mendapatkan. Saya akan terus mengetuk pintu dan yakin pintu akan dibukakan.

Semua berawal dari sini…

Leave a Reply

