Pencarian Masih Terus Berlanjut…


Membaca twit-twit dari akun @agamajinasi tersebut kembali mengingatkan saya pada beberapa tahun yang lalu (tepatnya 6 tahun yang lalu), bahwa saya juga pernah skeptis, dan membuat penegasan bahwa saya ga percaya Tuhan ada.

Waktu itu, setelah membaca ‘buku-buku aneh’ dan banyak merenung, saya sampai pada keadaan super galau. Malas kuliah. Sakit-sakitan. Ga ada motivasi hidup. Pikiran saya berkecamuk. “Apakah ada yang selama ini saya percayai itu salah?” Selama itu juga saya berdoa sungguh-sungguh sampe jungkir balik berbahasa roh sambil nangis-nangis berharap Tuhan mendadak muncul di hadapanku dan menenangkanku. Tapi sayangnya itu tidak terjadi…

Saya mulai menghindari jam-jam ibadah. Dan saat ditanya oleh keluarga saya, dengan terbuka saya berkata, “aku ga percaya Tuhan.”

Mereka menasihati saya, dan saya cuma diam lesu mendengarkan.

Hari berikutnya, saya kabur dari rumah.😀

Cerita selanjutnya agak panjang, tapi pada akhirnya saya balik pulang ke rumah😀 (mirip cerita anak yang hilang) dan memilih untuk kembali, percaya pada apa yang tidak terlihat itu. Karna saat itu saya percaya bahwa itulah iman yang sejati.

Selanjutnya, saya bertekad untuk memperdalam lagi kitab suci dan berusaha untuk lebih mendekat lagi pada Tuhan. Saya ingin memperkuat pengetahuan dan iman saya agar tidak gampang lagi terpengaruh pada hal-hal yang dapat ‘menggoncang iman’. Tidak seperti jaman dulu, saat ini informasi dapat dengan mudah diperoleh lewat internet. Saya optimis, pertanyaan-pertanyaan saya akan terjawab, dan jiwa saya akan tenang dalam kepastian.

seek-truth

Kenyataannya? Malah kebalik. Pondasi iman saya (lagi-lagi) runtuh. Apa yang saya pelajari, amati dan rasakan ternyata tidak sesuai dengan harapan saya tersebut. Untuk beberapa waktu, saya galau parah. Dada ini terasa sesak. Hidup terasa hambar. Tapi kemudian saya bertekad, walaupun saya akan mengalami galau total seperti dulu lagi, paling tidak saat ini saya perpikiran terbuka, dengan segala konsekuensinya.

Pencarian kebenaran masih terus berlanjut…

Leave a Reply

